es pisang ijo

kayanya ga ada yang ga suka sama pisang ijo. ibarat bule dikasih juga pasti doyan wkwkwk
jadi di bulan penuh takjil ini, keluarga sulistyo memutuskan menghidangkan pisang ijo di meja makan. biasanya mah beli, kali ini, coba bikin sendiri wihiiiii~
ternyata ga susah pemirsaaa~ heran ga? saya sih heran dikiiit. 
ternyata ga sedikit hal di dunia ini yang setelah dicoba,
eh, ga sesulit itu kok.. (iya. masih ngomongin pisang ijo kok :|)

meski ada kurang satu duanya. termasuk resep di bawah ini sendiri (penjelasan lebih lanjut & sukaduka ada di step by step). dua jam waktu di dapur sepadan banget sama hasilnya, pisang ijo cantik nan empuk dengan bahan pewarna alami <3

bahan:
- pisang ijo
- sirup coco pandan
- susu kental manis
- tumbukan kacang sangrai 
- es batu

bahan pisang ijo:
- 12 pisang raja matang tang
- 150 gr tepung beras
- 150 gr tepung terigu
- 50 gr gula pasir
- 300 ml santan segar
- 3 daun pandan + 250ml air > blender, ambil airnya
bahan bubur sumsum encer:
- 50 gr tepung beras
- 325 ml santan kental segar
- 1/2 sdt garam
- 1 lembar daun pandan, sobek sobek ikat

cara:
1. sisihkan pisang raja yang sudah dikupas. masukkan bahan basah kulit pisang ijo ke wadah tahan panas yang telah diisi bahan kering. aduk rata sampai tidak ada gumpalan tepung. aduk merata sampai kebawah-bawah juga yaa.

2. masukan wadah tahan panas dan campuran adonan kulit pisang ijo tadi ke dalam kukusan. nyalakan api, masak kurang lebih 20-30menit, jika adonan ditusuk dengan pisau sudah tidak berupa cairan artinya sudah matang. jangan lupa bungkus tutup kukusan dengan kain yaa, supaya air tidak menetes ke adonan kulit.

 3. setelah matang, angin-anginkan sebentar supaya tidak terlalu panas saat membentuk pisang ijo.

4. saatnya pembentukan! dan ternyataaa perantara terbaik untuk membentuk pisang ijo agar tidak lengket hingga bisa berbentuk pisang ijo yg HQQ seperti di lapak-lapak itu adalah... pake plastik! :3
a) bagian belakang daun pisang; lengket

 b) bagian depan daun pisang; lengket uga

c) plastic wrap/plastik jenis apa pun: aman! ;)

5. tata dalam kukusan, cukup ditumpuk pakai daun pisang kalo kurang tempat. kukus 15-17 menit api sedang dengan tutup kukusan masih dibungkus kain.
pisang ijo jumbo size. dan lebih mirip pempek. trus jadi pingin pempek..

6. sambil nunggu pisang ijo dikukus, saya lanjut bikin kacang sangrai dan bubur sumsum encernya. anyway, ingin pakai kacang sangrai atau tidak itu bebas ya. saya sih sukaaaaa, karena bikin sensasi makan pisang ijo jadi makin endang bambang. es pisang ijo yang dominan manis, begitu kena kacang sangrai, jadi nambah rasa gurih dan tekstur crunchy

7. kacang sangrai done, sekarang lanjut ke bahan terakhir, bubur sumsum encer.
resep yang saya tulis di atas ada 325ml santan kental kan ya? nah, ternyata, itu adalah takaran untuk bubur sumsum REGULAR. yha, saya keliru liat resep dan ga sadar, bahkan sampe ngambil dan ngupload foto -___-. setelah saya ambil foto dan diliat liat lagi, perasaan, kok kentel ya? baru nyadar. jadi, pemirsa, untuk takaran santan kental ditambahkan jumlahnya yaa, kurang lebih jadi 500ml santan (tidak harus kental) dengan jumlah tepung beras tetep 50 gr.

masukkan 400ml  santan, daun pandan yang sudah disobek, dan garam. panaskan hingga mendidih, sambil sesekali diaduk yaa.

trus 100ml santan sisanya dimasukkan ke tepung beras, aduk merata hingga bebas gumpalan:
saat santan sudah mendidih, masukkan campuran santan dan tepung beras ke panci, masak dengan api keciiil hingga mendidih dan bau tepungnya hilang.
(bubur sumsum regular -_-)
8. waktu berbuka hampir tibaaa :D waktunya menata pisang ijooo~ potong-potong pisang ijo, tuang bubur sumsum encer, sirup coco pandan, potongan es batu, dan tumbukan kacang sangrai.
es pisang ijo buatan sendiri sudah jadiiii ;)

happy (is) cooking!

OPI, line '93
Menyelami lautan kata bergerak.
Bak peri saat menabur bubuk putih ajaib dalam loyang.
Why so serious?

Catch more at @opnkp

No comments:

Post a Comment