tom yum goong

sawadeekaap!
anda pernah jajan tom yum di resto thailand? pernah kebayang untuk bikin tom yum sendiri di rumah? ternyata tidak sulit lhoo, hanya bahannya memang tidak sedikit. tapi, ketika mengingat kembali rasanya yang gurih, asam, dan segar itu, rasanya rela-rela saja untuk sedikit ribet ;)


tom yum goong
bahan:
- 2sdm tom yum paste, bisa ditambah kalau warna kurang merah yaa
(mau bikin tom yum paste sendiri di rumah? klik disini  atau disana ^^)
- 4 cabe rawit merah utuh
- 1 ibu jari lengkuas, potong tipis-tipis
- 3 bawang merah, potong tipis-tipis
- 1 batang serai
- 3 daun jeruk, sobek-sobek
- air dari 1-2 jeruk nipis
- garam secukupnya
- udang
- sawi putih
- bakso
- bihun (iseng aja hohoho)
- jamur apa saja
- kaldu ayam (jangan di skip kalo bisa.. sedep banget kalo pake kaldu asli ;))

cara:
- rebus kaldu, masukkan bawang merah, cabe merah, lengkuas, serai, daun jeruk.
- setelah mendidih, masukkan pasta tomyum, jamur, bakso.
- di detik-detik terakhir, setelah dikasih garam dan rasa sudah pas, masukkan udang, sawi putih, dan bihun
- matikan api, masukkan air jeruk nipis. kata orang thai yg kasi tutorial sih, kalau jeruk nipis dimasukkan saat api masih nyala, akan menghilangkan rasanya. hmm kurang tau juga sih saya, daripada risiko mehehe :3

voila suuuuuda jadi! ini adalah tom yum terenak sih menurut saya. satu panci untuk tiga orang (bapak, ibu, saya) langsung ludes seketika, diakhiri dengan keringat yang mengucur dan perasaan bahagia hahaha!
enaknya lagi kalo bikin sendiri, kita bisa sesuaiin sendiri asemnya, terkadang kalo beli di luar suka ngerasa keaseman (banyak mau :3)
ndilalah kemaren pas bikin, ngepasin ibu lagi punya stok kaldu ayam kampung yang ga kepake (yg dipake dagingnya aja) rejeki nomplok! kaldu asli emang gapernah boong <3
ohiya, isi tom yum mah bebas tida terbatas pemirsa, bisa ditambahin cumi, filet ikan, bakso ikan, semuanya boleh silakan masuk~

Nam pamit, silakan mencoba dirumah! ;)




OPI, line '93
Menyelami lautan kata bergerak.
Bak peri saat menabur bubuk putih ajaib dalam loyang.
Why so serious?

Catch more at @opnkp

No comments:

Post a Comment