Nostalgia SMA

masa-masa yang paling indah itu masa sma. setuju banget sama ini.. mungkin karena masa sma adalah masa transisi kita menuju dewasa. kita masih suka main tapi logikanya mulai jalan. saya 3 tahun main, belajar, sama nyari jati diri di SMA 4. salah satu momen termenyenangkan sekaligus terbaik dalam hidup. mungkin ini ga lepas dari ridho orang tua yang memang dulu ngusulin, "pilih yg deket rumah aja". inilah dia.. momen sebandelnya manusia yang gapernah capek. tapi sekalinya capek langsung diinfus! :)

hari pertama masuk ruang kelas itu pas daftar ulang, dan gatau kenapa muka ue bisa nyempil masuk Solopos di halaman belakang. dan cuma separo. saya masuk kelas terakhir, XJ, karena daftar SMAnya pas akhir-akhir, cek ombak passing grade sekolahan lain dulu. dibuka dengan masa Masa Orientasi Siswa aka MOS dan ditutup dengan TPA (Kemah Pramuka gitulaa). selama mos yang paling berkesan tuh kita diwajibin di kepang 4 pake pita (karena sma 4) sama bawa tas karung segitiga biru.

hari pertama sma
06.00
apel di lapangan, kemudian masuk ke ruangan kelas masing-masing, duduknya bebas. saat inilah saya kenal pertama kali dengan Kiky, sekaligus teman sma kedua (temen pertama otomatis sebelah ue, Ageng. harus cewe cowo sih dulu duduknya). Dengan turun tangan tak terlihat, Kiky Didudukkan di depan saya. sejak itu selama SMA kita lengket kaya perangko. ada Kiky ada Opi. 

hari kedua mos
10.00
Selamat Siang!!!! *gdubrak* *mbanting pintu* *jantung ikut kebanting*
seumur-umur idup jadi siswa baru baru tau ada sindikat kaya begitu. hari pertama didatengin tatib (tata tertib) dan sedih banget langsung kena sasaran. saya disuruh naik meja di depan kelas. salah apa ya, lirak lirik pas disiapin kayanya.

T: "Kamu ngapain lirak lirik?"
O: *diem aja sambil keder di atas meja* *mental tempe*
T: "Kamu mau dihukum apa?"
O: "Apa aja kak.."
T: "Apa aja apa aja, kamu mau tak suruh lompat darisini?!" (lantai 3)
O: "nggak kak"
T: "Trus apa?!" 

Tcewe: *melanin suara* "Kamu gapake shorts ya?"
O: "hah? shorts? shorts apa? ngg... nggak kak"
T: "Turun!"

pertanyaan ini nih yang ngerubah idup sekaligus nyelamatin idup waktu itu. kelewat katrok atau polos, daleman aja gatau. sejak saat itulah ue baru pake daleman celana tight, alias syorrrts.


kaleidoskop selama sma
pas kemah masak nasi goreng dengan nasi yang belom mateng. smartmagz. pesantren kilat. berasa gaul sedunia kalo dateng pensi. nginep di rs pas temen-temen pada asik pensi internal (Yamaha berbaek hati datengin Tipex). liat Tantri Kotak dan personil lainnya live perform di lapangan basket, spesial didatengin sama Indomie (band sekolah ada yg menang jingle dare). nge-laboratorium, saking tuanya sekolah, tiap nge-lab slalu berimajinasi kita lagi ada di scene film-film gitu. lapangan basket yang katanya banyak tuyul. sop ayam, lidi, sama es milo.
gedung induk yg selama kelas X sukses bikin keringetan sama nggedein lingkar betis karena dapet ruang kelas di lantai 3. kamar mandi cewe paling pojok gedung induk yg gapernah dibuka. nari jawa dengan guru yang moodnya seperti got pms everyday. parkir motor sesuai warna motor. Bu S*si yang dijuluki sang rapper Fisika. Pak Edi; kepala sekolah paling juara bijaknya, baiknya, perhatiannya, dan sempet jadiin sma4 jadi sma terbaik se-Solo di tahun ajaran 2009/2010. setiap selesai pidato upacara hari senin, beliau selalu memekikkan "SMARACATUR" yang kemudaian akan dijawab peserta upacara "JAYA!" dilanjut tepuk tangan riuh.. dipikir pikir mana ada gituuu anak SMA rela tepuk tangan demi kepsek? Pak Edi emang istimewa. kita tepuk tangan tanpa ada yang nyuruh, murni dari hati. apa yang dari hati akan sampai ke hati juga kan?

Setiap jumat selalu ada tambahan backsound senam dari kantor polisi di seberang sana. tak lupa pak B*ni!!! guru basa inggris paling kontroversi karena sistem pengajaran yg yunique (unik) ditambah lagi foto saat beliau lagi (maap) mengupil tersebar luas diantara siswa via mxit. pengakuan dosa: kami XJ pernah ngerjain bapak dengan nyemprotin parfum banyak banget ke taplak meja guru pas mau diisi kelas beliau, kalo ga salah ane eksekutornya.. maap ya pak, mohon dimaklumi ya pak, saya menyesalinya :".
Bu Guru Bahasa Inggris, saya lupa namanya, udah sepuh, jadi kalo ngajar selalu pake Tape + Mic biar bisa kedenger mpe belakang (totalitas yee). pelajaran musik yang bikin kita bergonjreng ria di kelas sambil nyanyi fall for you, love story, atau kiss me rame-rame. pak bahasa indonesia, maaf pak lupa nama bapak, yang suka tepuk tangan sendiri saat mengajar (kayanya sih biar dapet perhatian / siswanya fokus). pak Saugi yang setia ngajar olahraga dari kelas 1-3 atau kelas 1 sama 3 yak. pak guru olahraga yg suka nyubit atau nyablek (tapi ga kenceng kokk), lucu, dan tetap terbaik karena selalu milihin mas-mas PPL terganteng buat ngajar kita-kita eheheheheh. beliau pensiun tepat setelah kami lulus. semoga beliau-beliau semua senantiasa diberikan kesehatan, dan balasan berlipat untuk ilmu yang sudah diajarkan, amiin :')


  
gedung induk. XJ puojok kanan.


ada yang pingin saya bahas sedikit lebih detail lagi; pasukan inti. dulu pas ikut PI saya ngerasa itu adalah keputusan paling ga bener. dulu. sekarang baru kerasa kalo manfaatnya banyak banget, yang paling kerasa disiplin (tergantung sih hehehe), ga cengeng, sama mental. hehehe
setiap hari sepulang sekolah kita ber-40/50-an selalu latihan. yang awalnya ga kuat lari, jadi kuat belasan puteran lapangan basket. yang tadinya ga ngerti cara push-up, pernah sampe sehari 10 set. sampe rumah selalu pas maghrib. bahkan minggu pagi kita tetep latihan. pernah diprotes ortu ga? sering.. cuma gimana ya, antara uda terlanjur seneng, sama keseringan bareng, jadi ya walopun tetep ada dukanya (boong bgt kalo ga) jatohnya jadi enjoy aja.

setiap jumat, jam 11.00 sampe sebelum jumatan kita selalu kumpul, masih pake seragam. galupa poni yang tadinya melengkung sempurna ke depan musti dicepit kebelakang/samping. btw, jangan dibayangan kumpul ini adalah kumpul nongkrong bareng.. kita kumpul baris di lapangan basket, tau sendiri lah gimana, ga ada atap, aspal kasar, yang jelas panaz. pas kumpul ga ada agenda pasti sih, kecuali push up.

so, setiap hari jumat kita selalu berdoa supaya langit mendung. kalo misal cuaca lagi teriiiik banget, pasti muka-mukanya uda pada muka pasrah semua wkwkkwkw, serrrulah. dan lapangan basket sma tuh setengahnya dikelilingin kantin. jadi pas lagi panas-panas push up kita diliatin.. mungkin karena itu juga kalo anak PI biasanya eksis. jadiii, ga ada tuh yang namanya anak PI punya telapak tangan mulus, pasti tebel semua kek kulit badak, sampe yg keisi air gitu juga pernah.. 

abis kumpul jumat


momen legit lain semasa PI yaitu momen diklat. gimana emang? l u a r b y a s a h  pake h! wkwkkwk
17 Agustus 2008
ini mungkin bakalan ga urut ya runtun diklatnya, tapi ini yang dijalani selama kurang lebih nginep 2 hari 1 malem di sma tercinta. dibentak-bentak? hmm sudah biasa. gimana kalo dibentak-bentak pas tengah malem? baruu istimewwa~ pas nyenyak-nyenyaknya tidur, baaru leeerr berapa jam kita dibangunin.

jurit malam. sebagai manusia yang, eemmm, agak sedikit penakut, saya langsung panas dingin & mules-mules dikit. bukan tanpa alesan, ini SMA udah kebanyakan cerita horror.bersyukur ternyata berdua-dua, trus ngepasin banget malem itu pas bulan purnama. eheheheh~~ tanpa lilin pun sebenernya ga gelap gelap amat jatohnya. rutenya gedung ijo daerah lab-belok kanan menyusuri samping gedung induk- belok kanan - lurus- masuk kantin (nah disini ternyata banyak senior yang pada ngumpet sambil bikin suara serem sama ngelemparin, baru tau pas giliran ane jadi senior -_-), dan gong nya adalah... melintasi lapangan basket (langsung inget para tuyul). alhamdulillah berakhir aman, rasa haru, dan sedikit bangga

selain momen mandi, momen makan adalah momen ter-ma-nis selama diklat. jadi kita udah diinstruksiin sebelumnya kalo disuruh bawa bekel nasi sama lauk pauk. selama kegiatan tas kita disimpen di kelas dan uda gainget lagi sama bekel, baru ketemu lagi pas makan sore. itu juga wujudnya udah "beda".
usut punya usut ternyata makanan kita dicampur jadi satu, diublek ublek, lalu dituang lagi ke kotak kotak makanan...voila.. bon appetit! masih inget banget saya sebelahan sama Kacang wkwkwk sekotak berdua gitu. kalo dipikir-pikir kita abis keringetan berbaris sesiangan-sampe sore. harusnya laperper, tapi begitu liat isi kotak makan langsung berasa jadi bumil trimester pertama. eneeeug... tambah lagi pressure jeritan lembut para senior tercinta yang ada di telinga kanan dan kiri buat cepetan ngabisin makanan. makin tegang. setegang tegangnya. wkwkwkwkwk nih ngetik sambil senyum-senyum ngikik sendiri..

besoknya kita long march. dari manahan sampe slamet riyadi tapi lewat kampung-kampung.. satu kelompok isi 8-9 orang, cuma berbekal 2 Botol Akua 1.5 lt dan kita jalan dari pagi sampe siang. minta minum ke warga sekitar. lupa-lupa inget sama sandi yang super absurd dan panjangnya khand maend. dikerjain di setiap pos... seneng sama sedikit sedih pas masa itu bisa kita lewati.


 ayak & carik. (kiri: lapangan basket)


saya selalu mikir, kalo dulu gaikut PI pasti masa sma ga seseru dan semenarik itu. pasti masih gakuat jogging lama-lama. pasti gapernah ngalamain makan permen 1 buat 1 pasukan. pasti gapernah nginep di sekolahan. pasti gapernah peduli hari ini panas atau mendung. pasti ga pernah masuk ke sma 3 semarang. pasti gapernah bisik bisik tanya "sekarang jam berapa?" ke Agung yang bisa baca jam matahari, pasti gapernah ujan-ujanan di barisan, pasti gapernah ngerasa perut sudukan pas pemanasan, pasti ga sekurus itu (MAU LAGI PLIS. kurusnya aja wkwk), pasti gapernah deg-degan tiap ada yang teriak "Pasukan Inti 2008/2009 tiga ber-saf kumpul!" dan yang pasti.. mental saya ga akan ditempa sekeras itu. yaa walaupun kehidupan jelas lebih keras, tapi seenggaknya PI udah ngasih saya bekel biar nggak nol nol banget..
Terima kasih Pasukan Inti 2008/2009. Terima kasih SMAN 4 Surakarta. Ga kerasa itu udah hampir 9 tahun yang lalu.. Udah ada yang berkeluarga, udah ada yang kerja, ada yang ga di Indonesia, tapi ada juga yang masih di rumah (saya) wkwkwk. Gapapaa, ikhlas nerima jalan cerita masing-masing. masak mau sama semua? Allah kan Maha Segalanya, termasuk Maha Kreatif ;)
Smaracatur! Jaya Jaya Jaya!


Putra putri SMA 4 Negeri Surakarta sadarlah semua
Kepada masyarakat Indonesia berbakti ikhlas rela
Curahkan jiwa raga 'tuk menuju negeri makmur dan sakti
Membulatkan tekad agarlah tercapai tujuan abadi
Bercita mulya kita bersama Putra dan Putri SMA 4 Negeri
Di bawah panji mega bercahya lambang bakti kepada Ibu Pertiwi..

OPI, line '93
Menyelami lautan kata bergerak.
Bak peri saat menabur bubuk putih ajaib dalam loyang.
Why so serious?

Catch more at @opnkp

No comments:

Post a comment