#JELAJAHSEMARANG

Hi! Yesterday my superfriend came to my second city, Semarang. We explored Semarang from pucuk gunung to almost laut jawa. Halah piye to, udah pake bahasa indo aja lah, heuheheu. Berikut beberapa lokasi yang menurut kita patut banget dikunjungin saat kalian lagi hang out ke Semarang. Especially daerah Kota Lama berhasil bikin saya jatuh cinta! Euugggh atmosfernya masi belanda bangettt!

SAM PO KONG

Semua info yang ada di postingan ini murni dari bener-bener sepengetahuan saya ya, jadi demi memastikan sampainya kalian ke lokasi di bawah ataupun keakuratan informasi, alangkah lebih baik lagi jika googling terlebih dahulu. Nyasar malah seru kok btw, dari ujung ke ujung saya dan Kiky cuma ngandelin Waze ;)

Mau ke Sam po kong kalau dari arah tembalang (atas): menuju arah Tugu Muda, sampe di perempatan depan Karyadi, belok kiri. Luruuuuuuus aja sampe ketemu bangunan dominasi merah dengan parkiran mobil motor di depannya.




BROWN CANYON

Alohaaaa saya kembali kesini lagiiiiii, instruksi tips dan segala tentang pengalaman pertama saya ke Brown Canyon udah pernah saya post yaaa, klik dimari.
Eh bukan,
dimari hehe :p

Sedikit cerita aja yaaa, jadi pas kesini kemaren ini itu pas musim ujan, dan pagi pagi pula. dan malemnya abis ujan gede pula. so....


Terjadi tragedi lumpur hisap :"))
Alhamdulillah ga ketemu cacing, bisa bisa makin mayday mayday deh~
Brown Canyon masih sama, masih bagus. Cuma karena musim hujan, bongkahan tanah yang dulunya tandus dan berwarna coklat itu sekarang sudah ada hijau-hijaunya. 



Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Waini. Perjalanan terjauh sepanjang #exploresemarang kemarin, yagimana saya belom pernah kesini dan belom pernah googling juga buat rute kesini. Jadinya pure ngandalin Waze. Alhamdulillah sampe dan bisa sekalian solat dzuhur disini.



KOTA LAMA SEMARANG &
SEMARANG CONTEMPORARY ART GALLERY

Lucu kalo diinget-inget lagi, sebenernya kita kesini karena gasengaja :p
Kota lama dan semarang contemporary art gallery ini emang udah masuk list kunjungan kita, tapi karena pas itu kita udah lelah muter-muter dari brown canyon (tragedi lumpur hisap dan off road) lalu MAJT (tragedi di puter-puter waze) yaudah kita mau isi perut aja ke nasi goreng padang poncol

Okeee dengan bijak dan manisnya kita ngikutin rute yang dikasih Waze. Si Kiky yang ngendarain motor tau-tau nyeletuk:

k: pik, kok disini bagus bagus bangunannya kaya jaman dulu gitu
o: di semarang emang banyak bangunan tua kikk
k: ohhh............... eh, itu bagus!

"itu?"

Jrengjreng!


Gereja Blenduk! Dan bangunan ikan bakar cianjur dan bangunan jiwasraya! Dan bangunan peninggalan belanda lainnya!
Hahahaahahahahha langsung deh meledak! omgggg kokbisa sih lewat sini?? omgomg senengggg bangeeeet tau tau udah disini aja, yaudah langsung parkir deh. Jalan-jalan dikit menikmati atmosfer kota lama semarang.

Gak jauh dari Gereja Blenduk, ada art gallery yang menarik buat dikunjungin, namanya Semarang Contemporary Art Gallery. Incer-incer lebih tepatnya kesini tuh, sebelum gereja blenduk nanti kalian akan nemuin taman, taman sri gunting kalo ga salah namanya. Nah, sebelum taman ada gang, kalian masuk situ, sekitar 10meter mungkin nanti kalian bakal nemuin bangunan tua berwarna krem dengan banyak jendela berwarna merah maron kecoklatan(?), plus tanaman rerumputan di bawahnya.. thats it! ;)


Banyak lukisan dan beberapa karya seni lain yang ada di bangunan ini. Awalnya bangunan dua lantai ini adalah kediaman seorang pastur, lalu sempat beberapa kali berpindah fungsi, yang terakhir kali bangunan ini digunakan sebagai pabrik sirup Fresh (sampai tahun 1998). Baru kemudian pada tahun 2007 dikonservasi oleh Chris Darmawan, lalu dibuka pada tahun 2008.

Lukisan-lukisan disini punya daya tarik tersendiri dengan keunikan aliran kontemporernya, jujur baru pertama kali mengunjungi art gallery seperti ini dan sangat excited! :)
Tapi kalau boleh saran, pada setiap karya akan lebih informatif jika disediakan juga media informasi tentang arti atau maksud dari karya yang dibuat oleh si pelukis, jadi supaya pengunjung lebih paham dan lebih masuk dengan maksud si pelukis. Just my opinion ;)
Oh iya, dan satu lagi, beberapa tambahan kipas angin atau pendingin ruangan akan membuat suasana disini jadi lebih asik :)

Museum ini saat kita kunjungi kemarin situasinya cukup ramai, didominasi oleh anak-anak beseragam dan kuliahan. Kegiatan mereka kebanyakan main tongsis, sambil cekikak cekikik -_- 
Ohiya, masuk kesini cuma ngisi semacam buku tamu. Gaperlu pakai htm, alias gratis ~

 i'm watching you
most favourite: "my father"
by 
Soni Irawan
 2nd: "Construction #8"
by
M. Irfan
 3rd: "More - Closer"
by Dodit Artawan

 dulu; perusahaan  asuransi pertama di Indonesia

sekarang; semarang art gallery




LAWANG SEWU

Belum ke semarang kalo belum ke lawang sewu. Tapi toh saya 3,5 tahun di semarang baru pertama kali juga kesini hehehhehehe :p
Ganyesel, bagus! epic! bangunannya masih terawat banget, yaiyalah.. kata mas-mas guidenya "zaman dulu kan ga mikir biaya pekerja mbak, yang penting bahan-bahannya kualitas nomer satu"

Ohh gitu.. iya juga sih.
Lupa saya, tapi banyak bagian dari bangunan ini yang memang impor langsung dari negara luar, dan terbukti kan sampe sekarang masih cantik bertengger di tengah kota semarang, maskotnya semarang.


 asli
wanna dance with me?
dulu digunakan sebagai ruangan pesta. 
sangat jatuh cinta dengan design gedung c ini <3
bocah yang lagi doyan levitasi ~
mama, ini rapunzel uda pulang ~

Lawang Sewu pada malam hari memiliki daya tarik tersendiri, lupakan sejenak tentang issue ataupun image horornya. Terlebih lagi lawang sewu kini sedang dalam tahap perawatan, bangunan yang di cat putih itu baik secara langsung maupun ga langsung pengaruh ke kesan tersebut *IMO*. Malah kata mas guide, Lawang Sewu lebih rame kalo pas malem :/
Lightningnya tu lhooo nambah kesan banget, yang menurut saya, atau mungkin kita, jadi romantis.
cie~

Memang sudah sejak lama Lawang Sewu disewakan untuk beberapa event, dan tidak menutup kemungkinan untuk resepsi atau pre-wed juga bisa ;) 

Sore-sore nungguin gelap dan lampu-lampu lawang sewu nyala, kita duduk-duduk sambil ngebayangin gimana kalo misal besok resepsi disini. Bertema pesta kebun, iringan musik klasik, para tamu ngobrol santai, banyak lampu-lampu kecil terpasang melingkari dedaunan pohon besar. Aahh, namanya juga ngebayangin..


KULINER!

Gak lengkap kalo ke satu kota tanpa ngicipin jajanan atau makanan yang terkenal haocek~ begitu juga dengan kita kemaren, ohmy.. dalam sehari dagu berasa beranak pinak, serius. Dibawah ini beberapa tempat & makanan yang berhasil didokumentasikan, sebelum diserang negara api :p

- DEPOT SUKSES -
Enak dan kenyanggg! hehehe. Cukup sering ngidam sama Spesial 2 nya, chicken katsu dan chicken yakiniku. Lokasi ada di jl. Melati Selatan, incer-incer depot sukses: masuk ke jl. gajah mada (jalan antara masjid baiturahman simpang lima & CL), masuk gang setelah Viavo resto (kanan jalan), tenda paling pojok.

happy face


- LUNPIA GANG LOMBOK -
Udah pernah di post disini ya --> :3



- THE TAVERN -
Kita mau dinner syantique gitu ceritanya hihi, makanan disini udah jelas lah enaknya kebuaaaangetan. Sebagai anak kosan yang juga belom bisa cari duit sendiri, makan disini berasa naik kasta semalam, besoknya balik makan ke warteg langganan :p



- SATE & GULE 29 (depan Gereja Blenduk) -
Kemaren sekalian aja sih pas abis foto-foto gereja blenduk dan sekitarnya, dan emang udah terkenal banget ini tempat. Tapi begitu masuk... wow, lil bit pricey yaaa hahahha yaudah beli masing-masing 1/2 porsi buat berdua. Enak, empuk banget dagingnya.
Yang bikin menarik juga atmosfer, nuansa tempat makan yang vintage banget.



Fyuuuuuh! Alhamdulillah akhirnyaaa selesai juga nge-post postingan terpanjang sepanjang hayat dikandung badan. Semoga bermanfaat guys! :)
#exploresemarang
#visitsemarang



OPI, line '93
Menyelami lautan kata bergerak.
Bak peri saat menabur bubuk putih ajaib dalam loyang.
Why so serious?

Catch more at @opnkp

No comments:

Post a Comment